E-Book Antologi Puisi 154 Penyair Indonesia | Upacara Tanah Puisi - Suara Krajan

Sekerat Kata 
SIHIR-SIHIR BAHASA DAN KISAH CINTA
 
“Sesungguhnya dari retorika bahasa bisa berakibat sihir. Dari ilmu bisa menimbulkan kebodohan. Dan sesungguhnya dari sebait syair banyak mengandung hikmah.” (HR. Abu Daud)
 
 
Berjumlah 154 judul puisi yang lahir dari rahim-rahim kesunyian, dan riuhnya menggema di lorong-lorong ingatan, menghujam kelopak subuh tempat penyair menimang mendaras imaji dan diri: dari religiusitas, kisah cinta, intertekstualitas, alusi, hingga narasi-narasi kegetiran. Selalu ada katarsis dalam keheningan puisi sebagai tempat wajah ini menepi bukan meratapi.
 
Selain ekplorasi tematis yang majemuk, puisi-puisi dalam buku ini lahir dengan teknik yang menarik. Sebut saja teknik akrostik, dramatik, lirik, dan sebagainya. Selain itu, ada “sihir-sihir” bahasa—sarana retorika (diksi, style, metafora, titik kisah, dan lain-lain)—yang menarik, rapi, dan harmoni. Hal ini tentunya dapat dimanfaatkan sebagai pemantik kegiatan apresiasi sastra untuk masyarakat luas, bahwa menulis puisi itu ada tekniknya. Minimal tidak ada lagi pertanyaan, mengapa menulis puisi itu sulit? Mari selalu kabarkan bahwa, sastra itu bukan pilihan, tetapi kebutuhan batiniah, salah satu dimensi manusia yang tidak dapat diabaikan begitu saja. Semoga anak-anak imaji dalam buku ini, menjadi ruang titik temu kreativitas dan produktivitas lainnya. Amin.
 
Sekara kata, setangkup hormat kami atas nama Masyarakat Literasi Jember bekerjasama dengan Komunitas Sastra Krajan menghaturkan beribu terima kasih tak terhingga kepada penyair Indonesia yang terhimpun dalam antologi puisi ini, semoga apa yang kita ikhtiarkan mampu menjadi panah-panah batin dan jiwa musim yang kadang sulit dimaknai. Berdasarkan hasil penilaian kurator dari 234 peserta yang mengirim naskah, dipilih sebanyak 152 penulis dan ditambah dua koordinator acara. Jadi Total ada 154 penulis yang dimuat dalam antologi “Upacara Tanah Puisi”. 
 
Tak lupa jua, kami haturkan terima kasih kepada Bapak Mashuri, MA., penulis pengantar buku ini. Kepada dewan kurator: Siswanto, M.A., dan Lubet Arga Tengah.  Semoga kesejukan selalu bersemi dalam hari-hari beliau semua, selalu mendapat kemudahan dan kelancaran. Amin.
 
Kepada seluruh kawan-kawan juga komunitas kami ucapkan terima kasih karena telah ikut menyebarluaskan poster, sehingga banyak yang ikut terlibat di dalamnya. Khususnya kawan-kawan media suarakrajan.com, sutera.id, ngewiyak.com, dan negerikertas.com.
 
Hingga titik sunyi ini, kami meyakini bahwa tidak ada musim dalam menulis, sebab riak dan gelisah selalu menghampiri tepian diri. Kami menunggu kepulangan anak-anak imaji, di musim yang berganti. Tabik!
 
Salam Literasi!
 
Muhammad Lefand
Koord. Kegiatan Hari Puisi Indonesia 2022
Masyarakat Literasi Jember

Baca E-Book Upacara Tanah Puisi
 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak