Wujudkan Merdeka Belajar, Merdeka Literasi, Manhid gelar Ngaji Jurnalistik - Suara Krajan

Sukorejo, Suara Krajan. Madrasah Aliyah Nurul Hidayah (Manhid) melaksanakan Workshop dan Seminar Ngaji Jurnalistik bersama Media NU Pasuruan di Masjid Nurul Hidayah Asshon Haji, Pondok pesantren Al-Hidayah II Nurul Hidayah, Desa Lecari Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, Selasa (12/07/2022).

Kepala sekolah Manhid, Mohammad Khoirruddin mengatakan bahwa "Pelaksanaan Workshop dan Seminar Ngaji Jurnalistik merupakan kegiatan pembekalan awal siswa untuk mengenal dunia literasi."
"Sesuai dengan tema kegiatan hari ini, Wujudkan Merdeka Belajar, Merdeka Literasi: Menebar Kebaikan Melalui Karya Jurnalistik. Tujuan utamanya adalah memotivasi siswa untuk membaca dan menulis, khususnya dalam dunia jurnalistik," imbuhnya.

Ngaji Jurnalistik ini diikuti oleh seluruh siswa siswi di Yayasan Nurul Hidayah Assho Haji, yaitu dari tingkat SMP, MTs, sampai MA Dengan mengundang Mahfudz Syawaluddin, sebagai pemateri. Dalam materinya beliau menyampaikan tentang pentingnya menulis berita untuk disampaikan kepada khal layak umum. "Tidak semua berita dapat dijadikan berita. Suatu Informasi dapat dijadikan berita, karena memiliki nilai-nilai berita." Jelas Ketua Lembaga Ta'lif wa Nasyr (LTN) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan.

Selain itu, beliau juga mengajarkan konsep dasar menulis jurnalistik, yaitu menulis berita dengan rumus 5W + 1H. Selain materi juga ada pemberian tugas untuk para siswa-siswi, yaitu menganalisa unsur 5W + 1H, memberi judul pada berita, serta tugas membuat berita berupa hard news.

Acara Workshop dan Seminar Ngaji Jurnalistik ini berjalan dengan lancar dan sukses. "Dengan adanya acara hari ini, Selasa (12/07/2022) harapan ke depannya dunia literasi di Yayasan Nurul Hidayah Asshon Haji bisa tambah maju lagi. Khususnya untuk para siswa dan Tim Media Center Yayasan Nurul Hidayah," Pungkas Mohammad Khoirruddin. (NIS/SK)

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak